Pada kesempatan  kali ini, kami akan mengajak Anda mengunjungi salah satu kota cukup tersohor.  Yang juga merupakan tempat lahirnya juru dakwah tersohor Habib Syech.  Tidak lain dan tidak bukan kota itu adalah Kota Solo.

Kota Solo atau yang biasa dikenal dengan nama Surakarta adalah salah satu kota besar di Indonesia yang letaknya berada di Provinsi Jawa Tengah. Solo memang kota yang kaya akan budaya dan kulinernya, namun pada kesempatan kali ini, saya akan mengajak Anda mengenal tempat wisata popular di Solo.

1. Grojogan Sewu Tawangmangu

grojogan sewu solo

foto : blog.reservasi.com

Siapa yang tak kenal Tempat Wisata Populer  ini. Selain suasanya yang adem, tempat ini juga sangat romantis. Ya, apalagi jika bukan Grojogan Sewu Tawangmangu. Tempat ini letaknya berada di sebelah Barat Gunung Lawu, secara geografis, jarak antara Kota Solo dengan Grojogan Sewu Tawangmangu pun tak jauh. Anda hanya akan menempuh jarak sekitar 37 KM.

Selain jarak yang dekat, Anda juga tidak perlu merogoh dompet terlalu dalam sebab masuk di tempat wisata Grojogan Sewu Tawangmangu hanya memerlukan 18.000 rupiah per orang. Tunggu apalagi, ayo nikmati keindahan alam dan keasriannya.

2. Taman Balekambang

foto : angelinakusuma

Tempat kedua di Solo yang wajib Anda kunjungi adalah Taman Balekambang. Taman ini bukanlah taman biasa, sejak tahun 2008, taman ini dijadikan sebagai tempat rekreasi sekaligus taman edukasi. Di sana, para pengunjung dapat belajar banyak hal mengenai lingkungan, lebih-lebih mengenai berbagai jenis tanaman langka yang ditawarkan oleh Taman Balekambang.

Adapun informasi luas Taman Balekambang mencapai 10 Hektar. Jika Anda ingin ke sana, tempatnya berada di Jalan Ahmad Yani, Solo, Jawa Tengah. Selamat mengisi waktu liburan!

3. Keraton Surakarta

keraton-surakarta

foto http://www.timlo.net/

Anda menyukai tempat-tempat zaman dahulu? Bila Anda menyukainya, salah satu saran kami, Anda perlu mencoba tempat wisata Keraton Surakarta.

Di sana, Anda dapat sepuasnya menikmati koleksi-koleksi benda kuno di museum. Bila Anda hobi potret, Anda juga bisa mengajak Prajurit Kraton untuk menambah kenang-kenangan dengan foto bersama.

Dengan hanya memberikan biaya masuk Keraton sebesar 10.000 rupiah, Anda bisa bernostalgia dan melihat secara dekat kereta kencana asli peninggalan Kerajaan Surakarta.

4. Tugu Lilin

wisata solo

foto : kekunaan.blogspot.com

Sepertinya tempat ini sangat cocok bila Anda sedang memperingati perihal kemerdekaan Bangsa Indonesia. Pasalnya, tempatnya sarat akan sejarah perjuangan bangsa selama mengusir kaum penjajah. Ya, tempat itu bernama Tugu Lilin. Tugu bersejarah itu adalah monument peringatan 25 tahun berdirinya Boedi Oetomo.

Mengapa monumen tersebut berbentuk lilin? Bentuk tersebut mempunyai makna tersendiri, salah satunya mengapa dipilih lilin menyala karena lilin menyala melambangkan perjuangan berapi-api untuk merebut kemerdekaan kembali.

Bila Anda ingin ke tempat itu, Anda bisa datang di alamat lengkapnya yaitu di Jalan Wahidin Sudiro Husodo, Solo, Jawa Tengah.

5. Air Terjun Jumog

air terjun jumog

foto : http://blog.airyrooms.com/

Satu lagi tempat wisata alami yang wajib Anda kunjungi ketika berada di Kota Solo. Tempat itu tak kalah menariknya dengan Grojogan Sewu, tempat itu adalah Air Terjun Jumog. Di tempat yang asri itu, Anda bisa merasakan kesejukan alam yang luar biasa. Di sana, bersama sanak keluarga, Anda bisa bermain air di bawah air terjun yang deras.

Bila Anda ingin ke sana, tempatnya pun tak jauh. Hanya menempuh jarak 40 KM dari kota Solo Anda akan sampai di Air Terjun Jumog. Masuknya pun tak terlalu mahal, Anda hanya mengeluarkan uang sebesar 5.000 rupiah, Anda bisa menikmati alam yang menyejukkan.

6. Taman Sriwedari

taman-sriwedani

foto : www.flickr.com

Memang taka ada habisnya bila berbicara mengenai tempat wisata di Solo, Jawa Tengah. Salah satu tempat unik yang perlu Anda coba Adalah Taman Sriwedari.

Taman ini dahulunya adalah taman yang dibuat untuk rekreasi keluarga kerajaan. Nah, bila Anda masuk ke tempat itu, Anda bisa menikmati bagaimana keindahan dan bagaimana para keluarga kerajaan dahulu berekreasi.

Di sana, selain tempat yang aman, Anda juga bisa menikmati sajian kesenian Wayang Orang Sriwedari. Seni yang mempertunjukkan kesenian wayang dengan lakon Mahabrata dan Ramayana. Tertarik?

7. Kampung Batik Kauman

kampoeng-batik-kauman

foto : www.goodnewsfromindonesia.org

Apakah Anda gemar memakai baju batik? Tak ada salahnya bila Anda mencoba batik di daerah Kota Solo berikut ini. Ya, di sana ada satu kampong bernama Kampoeng Batik Kauman. Tempat ini cocok untuk menjadi salah satu destinasi wisata Anda sebab memiliki berbagai varian jenis Batik berkualitas bagus.

Bila Anda tertarik berkunjung ke sana dan membelinya, sedikit gambaran bahwa batik Kauman kebanyakan mempunyai warna gelap. Selain itu, motif yang ditawarkan Kampoeng Kauman lebih cenderung modern.

Karena motif-motif yang unik itulah. Batik Kauman bisa sampai ke mancanegara. Bahkan, dari beberapa informasi yang penulis terima, Batik Kauman mempunyai pelanggan yang bila berbelanja bisa sampai jutaan rupiah.
Wow, luar biasa bukan? Warga mancanegara saja jauh-jauh membeli batik di Solo, Anda kapan?

Pencarian lain :

  • tempat ziarah di solo