Bogor dikenal dengan sebutan kota hujan karena intensitas hujan yang tinggi dibandingkan kota lainnya di Indonesia. Bogor juga memiliki udara yang lebih segar dibandingkan dengan Jakarta. Tak heran selain kota Bandung, kota Bogor tetap menjadi destinasi favorit keluarga yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya.

Tujuan favorit warga Jakarta biasanya adalah Puncak Pas, Cisarua dan sekitarnya. Walau tidak terlalu jauh dari Jakarta dan bisa ditempuh kurang lebih satu jam perjalanan, Bogor menawarkan suasana yang begitu berbeda, sehingga menjadikannya salah satu destinasi liburan akhir pekan favorit warga ibu kota. Apalagi kota ini mudah diakses dengan bermacam pilihan transportasi, dari kendaraan umum, kereta api, atau kendaraan pribadi.

Meskipun demikian, ternyata masih banyak tempat-tempat wisata menarik di kawasan Bogor yang belum banyak diketahui wisatawan.

Berikut kami berikan ulasan tempat wisata Bogor yang pas dikunjungi bersama keluarga.

1. Menyusuri kanal dengan gondola: Little Venice Puncak

Wisata Bogor
Terletak di Kota Bunga, selain bisa menginap di salah satu vila yang disewakan di sini Anda juga dapat berkunjung ke kawasan Little Venice. Little Venice merupakan danau buatan yang dirancang dengan arsitektur semirip mungkin layaknya Kota Venesia di Italia.

Di sini Anda dapat mencoba berbagai permainan, dari sepeda untuk anak-anak sampai gondola yang bisa Anda dayung sendiri. Ya, kalau malas mendayung bisa juga Anda biarkan petugas yang mendayung gondola, sementara Anda tinggal duduk santai menikmati pemandangan.

Wahana lain yang tak kalah menarik adalah Mississippi Boat Ride dengan perahu yang bertema western.

Little Venice Puncak

Lokasi: Kota Bunga Estate, Jl. Hanjawar, Ds. Sukanagalih Pacet, Cipanas, Cianjur
Jam Operasional: 09.00 – 17.00 setiap hari
Harga: Rp20.000,- per orang (Tiket Masuk), Rp50.000,- per orang (Gondola dan Mississippi Boat Ride)

Baca Juga : Objek Wisata Yogyakarta Yang Wajib Anda Kunjungi

2. Taman Sakura, Kebun Raya Cibodas

Apakah salah satu impian Anda adalah melihat langsung kecantikan bunga sakura? Nah, tanpa perlu membayar mahal untuk terbang ke Jepang, Anda tinggal meluangkan waktu berwisata ke Kebun Raya Cibodas.  Pohon dengan bunga berwarna pink yang identik dengan negara matahari terbit ini sudah ditanam sejak tahun 1971 untuk memperkaya taman tematik yang ada di Kebun Raya Cibodas.Tak kurang ada 435 pohon bunga sakura yang dapat Anda temukan di taman yang dikelilingi oleh panorama Gunung Gede-Pangrango ini.

Kebun-Raya-Cibodas-by-Lisa-Hong-

Bahkan pohon sakura di sini lebih hebat daripada di negara asalnya, lho. Kalau di Jepang bunga sakura hanya bermekaran sekali setahun tiap musim semi, di sini Anda bisa menyaksikan keindahan bunga-bunga tersebut 2 kali setahun, yaitu sekitar bulan Januari-Februari dan Juli Agustus! Hal ini disebabkan oleh perbedaan iklim dan kontur tanah.

Selain Taman Sakura, di Kebun Raya Cibodas pengunjung dapat menikmati padang rumput yang luas, pohon-pohon raksasa berusia tua, berbagai koleksi tanaman yang langka, taman lumut yang unik, kolam, sungai, air terjun, air mancur, dan rumah kaca.

Taman Sakura, Kebun Raya Cibodas

Lokasi: Sindanglaya, Cipanas, Cianjur
Cara ke Sana: Menuju ke Kebun Raya Cibodas tidaklah sulit. Dari Jakarta dan Bogor, Kebun raya ini berada di jalur arah ke Puncak, antara Taman Safari-Cipanas. Terdapat papan petunjuk di sisi kanan jalan. Koordinat di sini.
Telepon: 0263-520 448
Jam Operasional: 08.00-17.00
Tiket Masuk: Rp9.500,- per orang, Roda Dua: Rp5.000,-, Roda Empat: Rp16.000,

 

3.  Taman Wisata Alam Gunung Pancar

Kata siapa di Indonesia tidak ada hutan pinus seperti di Amerika? Di daerah Sentul Selatan Anda bisa menemukan hutan pinus yang sepintas akan membuat Anda lupa kalau sedang berada di Indonesia.Terletak di ketinggian 800 meter di atas permukaan laut, Taman Wisata Alam Gunung Pancar menyuguhkan suasana hutan dengan pepohonan pinus yang ramping dan menjulang tinggi sehingga memberi kesan dramatis sekaligus romantis. Tak heran jika tempat ini kerap dijadikan lokasi pemotretan pre-wedding.

Kalau sudah puas berfoto-foto atau bahkan piknik di tengah udara yang segar dan sejuk, Anda bisa langsung melanjutkan untuk relaksasi di pemandian air panas yang buka 24 jam. Lokasinya tak jauh dari pintu masuk taman wisata ini.

wisata alam Bogor

Taman Wisata Alam Gunung Pancar

Lokasi: Kp. Ciburial Desa Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Kabupaten Bogor
Cara ke Sana: Dari arah Jakarta, lewat tol Jagorawi Anda keluar di keluar di Pintu Tol Sentul Selatan, lalu ikuti terus jalan melewati Desa Babakan Madang dan Desa Karang Tengah. Kondisi jalan beraspal dan cukup baik dengan jarak sekitar 13km. Tempat ini juga bisa dicapai menggunakan sepeda motor atau sepeda, melewati Desa Cimahpar yang tembus ke Sentul Selatan. Koordinat di sini.
Telepon: 021-366 5949 / 0812 1344 6514
Tiket Masuk: Rp5.000,- (hari biasa), Rp7.500,- (akhir pekan). Pemandian air panas Rp25.000,

 

4. Taman Bunga Nusantara

Pernahkah Anda membayangkan berada di taman bunga berwarna-warni yang sejuk, romantis, lengkap dengan suara percikan air, seperti di dunia Alice in Wonderland? Mungkin yang Anda cari ada di Taman Bunga Nusantara. Tiap bagian taman memiliki bermacam tema yang terinspirasi dari berbagai tempat di seluruh dunia, seperti Prancis, Mediterranean, Jepang, dan tentu saja taman bergaya Bali.

Terinspirasi dari konsep Maze Garden dan The Wall of Troy berabad-abad lalu, Taman Rahasia ini menyuguhkan beberapa jebakan lorong yang buntu serta lorong berliku yang berujung pada suatu tempat istimewa.

tempat wisata di bogor

Taman Bunga Nusantara

Lokasi: Jalan Mariwati Km7, Desa Kawungluwuk, Kec. Sukaresmi, Cianjur
Telepon: 0263-581 617 / 0263-581 618
Jam Operasional: 08.00-17.00 (Senin – Jumat), 08.00 – 17.30 (Sabtu, Minggu dan hari libur)
Tiket Masuk: Rp30.000,- per orang

5. Bukit Paralayang: Fly Indonesia Paragliding

Jika Anda ingin mencari aktivitas ekstrim di Bogor, cobalah terbang dengan paralayang di Bukit Paralayang, Puncak.  Sensasi terbang setinggi 1,3km di atas permukaan laut tentu akan jadi pengalaman paling berkesan dalam hidup Anda. Tak perlu takut kalau belum pernah mencoba sebelumnya, karena Anda akan ditemani oleh instruktur berpengalaman yang akan ikut terbang secara tandem bersama Anda selama 15 menit.

Satu hal yang perlu diingat, sebelum melakukan olahraga ekstrim ini, kenakanlah pakaian yang nyaman dengan alas kaki yang sesuai (jangan pakai rok dan mengenakan sandal!). Jangan lupa membawa serta kamera kesayangan Anda, karena terbang dengan paralayang ini begitu mulus, sehingga Anda akan sempat untuk mengambil beberapa gambar pemandangan spektakuler ketika melayang di atas. Di kejauhan akan tampak pula Gunung Salak yang begitu gagahnya!Fly Indonesia Paragliding

Fly Indonesia Paragliding

Lokasi: Jl. Raya Puncak, Km.87, Bukit Paralayang, Puncak, Bogor
Telepon: 021-8795 2963 / 0857 1795 1289
Jam Operasional: 09.00 – 17.00
Tiket: Rp350.000,- per penerbangan tandem (termasuk sertifikat)

 

Masih Banyak lagi destinasi Wisata Di bogor yang bisa kamu kunjungi dan tentunnya tidak kalah menarik