Obyek Wisata Pantai Sepanjang Gunungkidul – Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta memang terkenal dengan wisata pantainya yang eksotis dan masih alami, salah satunya adalah Pantai Sepanjang yang berada di Desa Kemadang, Kecamatan  Tanjungsari Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta. Wisata pantai yang masih tergolong baru ini memiliki garis pantai yang panjang diantara pantai-pantai yang ada di wilayah kabupaten Gunungkidul dengan menawawarkan keindahan alam dengan hamparan pasir putih yang bersih disepanjang pantai, banyak orang menyebutnya Pantai Kutanya Yogyakarta.
Wisata pantai Sepanjang tidak menawarkan hal-hal yang modern seperti adanya café-café ataupun cottage mewah, tetapi di pantai ini menawarkan kedekatan terhadap alam, hal ini terlihat tidak adanya bangunan permanen yang berdiri di pinggir pantai, yang terlihat hanyalah beberapa gubuk yang ditinggali oleh masyarakat sekitar. Di Obyek Wisata Pantai Sepanjang anda juga masih bisa menemui berbagai jenis binatang laut dan kerang-kerangan, tetapi anda harus berhati-hati karena masih banyaknya landak laut dengan durinya yang tajam.
Pantai yang segaris dengan Sundak, Kukup dan Baron ini memiliki ombak yang lumayan cukup besar sehingga tidak ada penduduk sekitar pantai yang melaut, kebanyakan dari penduduk sekitar memanfaatkan ladang di sekitar pantai untuk menanam kedelai atau tanaman lainnya. Sementara itu, jika kita melihat kebelakang nampak 2 buah bukit yang bagian lerengnya digunakan penduduk sekitar untuk menanam jagung sebagai sumber makanan pokok. Hal ini membuat keasrian alam Pantai Sepanjang masih begitu terjaga dan terlihat masih bersih dengan alam sekitar pantai yang masih terjaga.

Akses Menuju Pantai Sepanjang

Untuk menuju Wisata Pantai Sepanjang sebaiknya membawa kendaraan sendiri, Karena untuk menuju wisata ini belum terdapat transportasi umum. Sementara untuk menuju pantai ini, anda bias melewati jalur Pantai Baron, kalau dari terminal Wonosari selatan sampai ketemu pos retribusi pantai. Setelah itu ikuti jalan sampai ketemu papan nama Pantai Sepanjang. Semoga bermanfaat.