SEMARANG – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Semarang siapkan kawasan wisata baru di pesisir pantai Trimulyo, Kecamatan Genuk. Wisata pantai mangrove, akan dibangun di kawasan tersebut.

Kepala Disbudpar Kota Semarang, Masdiana Safitri berencana memakai kawasan seluas sekitar 10 hektar untuk kawasan pantai mangrove Trimulyo. “Saat ini kami sedang menyusun dokumen untuk pembebasan lahan. Sudah ada anggaran sekitar Rp 13 miliar untuk pembebasan lahan tersebut. Nantinya, di kawasan itu akan dibangun destinasi wisata pantai lengkap dengan hutan mangrove sebagai ekowisata,” ujarnya, Minggu (5/1).

Di kawasan itu, lanjut Masdiana, sudah terdapat hutan mangrove namun lahan milik warga sekitar. Perlu pembebasan lahan terlebih dahulu sebelum membuat menjadi destinasi wisata. “Harus diakui, Kota Semarang miskin destinasi wisata pantai. Keberadaan ekowisata di Trimulyo akan menambah destinasi wisata di Kota Semarang,” ujarnya.

Baca juga : 7 Destinasi Wisata di Kebumen yang Wajib Kamu Kunjungi Saat Liburan

Sementara itu, Kabid Industri Pariwisata Disbudpar Kota Semarang, Samsul Bahri Siregar menambahkan jika proses pembebasan lahan akan ditindak lanjuti dengan penyusunan Detail Engineering Design (DED) dan Larap. Namun demikian, masih ada sedikit persoalan dalam amanah Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW), muncul dua mata pengerjaan.

“Amanah pertama berbunyi penyusunan Kampung Wisata Trimulyo, yang kedua mencantumkan adanya pemukiman. Ini harus satu suara dulu, baru kami tindaklanjuti. Kami akan menghadap Walikota Semarang untuk meminta petunjuk mengenai adanya dua amanah RTRW tersebut,” ujarnya.

Proses pembebasan lahan, DED dan Larap, kata Samsul, akan rampung tahun ini. “Proses pengerjaan fisik dilakukan pada 2018,” ujarnya.

Semoga rencana ini dapat terlaksana tanpa kendala yang berarti biar destinasi wisata Indonesia terus berkembang, sehingga bisa bermanfaat meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar objek tersebut. Tentunya kita juga bisa menikmati keindahan alam lokal lebih banyak.

Selain rencana destinasi wisata pantai baru di atas Semarang juga sudah mempunyai destinasi untu liburan yang belum lama ini di buka. Setidaknya ada 4 wisata baru di Semarang yang bisa Anda kunjungi saat liburan. Seperti Old City 3D Trick Art Museum, Citra Grand Bianglala Tembalang, Eling Bening Ambarawa Semarang, dan Mangrove Edu Park Pantai Maron.