Apakah Anda seorang penjelajah alam di Indonesia ? sangat di sayangkan jika anda tidak mengunjungi objek wisata yang satu ini yaitu gunung bromo. Menurut Wikipedia objek wisata merupakan segala sesuatu yang ada didaerah tujuan wisata, mempunyai daya tarik agar orang-orang berkunjung ketempat tersebut. Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan dengan berbagai objek wisata alam yang indah, yang tidak dimiliki oleh negara lain tentunya. Hutan, darat, maupun lautan menghiasi alam dari sabang sampai merauke, bahkan banyak orang luar datang ke indonesia untuk menikmati keindahannya. Tidak asing lagi ketika banyak sekali objek wisata indonesia yang telah mendunia, bagi anda yang hobby menjelajah alam tentunya tertarik dengan objek wisata yang satu ini, berikut ulasannya:
Tips Berwisata ke Gunung Bromo :
• Persiapkan kondisi fisik
• Persiapkan perlengkapan pribadi
• Pilih waktu yang tepat
• Pesan akomodasi di jauh hari

http://liburangunungbromo.com

Sejarah Gunung Bromo :

Menurut cerita rakyat, legendanya yaitu adanya seorang gadis bernama Rara Anteng, tinggal disebuah desa tidak jauh letaknya dengan gunung bromo. Cerita awalnya adalah keanehan yang terjadi terhadap gadis tersebut yaitu ia tidak menangis seperti bayi pada umumnya ketika di lahirkan. Oleh sebab itu ia diberi nama Rara Anteng, yang dalam bahasa jawa sendiri mempunyai arti tidak banyak bergerak atau tenang.
Ketika si gadis sudah beranjak dewasa dan di waktu itulah banyak sekali pria yang ingin melamarnya tetapi semua lamarannya ditolak. Tibalah pada suatu hari, seorang raksasa buruk rupa datang melamarnya, tetapi ia takut untuk menolaknya karena raksasa itu pasti marah.
“ Hai raksasa, aku mau kau persunting asalkan kau bisa memenuhi satu permintaan ku! “ Ungkap Rara Anteng dengan tegas.
“ Ha…ha..ha” raksasa itupun ketawa dengan suara menggelegar, kemudian si raksasa berkata “ cepat katakan permintaanmu, pasti akansegera ku laksanakan”
“ Ubahlah gunung bromo menjadi sebuah danau dalam waktu semalam, sebelum fajar menyingsing dan ayam berkokok “ kata Rara Anteng
Rara Anteng berfikir bahwa raksasa itu tidak mungkin dapat menyelesaikan permintaannya untuk membuat danau dalam waktu yang sangat singkat ini. Si raksasa kemudian memulai melaksanakan pekerjaannya mulai dari menggali danau sekitar gunug bromo sampai mencabuti pohon – pohon di hutan tersebut. Melihat hal tersebut Rara anteng merasa gelisah, kemudian mencari akal agar pekerjaan si raksasa tidak cepat selesai dalam waktu semalam. Kemudian Rara Anteng pergi ke lumbung, bersama perempuan lainnya mereka menumbuk padi agar ayam jantan berkokok pada waktu itu juga. Terkejutnya raksasa mendengar semua itu kemudian tak kuasa ia memindahkan satu batok tanah galiannya sehingga robohlah raksasa itu ke tanah. Karena batok dan tanah galian itu terlempar menutupi tubuh si raksasa maka jadilah sebuah gunung yang diberi nama gunung batok. Danau sekitar gunung disebut segara wedi berarti danau pasir, desa ini bernama Tengger karena Rara Anteng menikah dengan Joko Tengger.
Gunung bromo termasuk kedalam kawasan Taman Nasional Tengger Semeru (TNBTS) berada diperbatasan kabupaten Lumajang, Malang, Pasuruan dan Probolinggo, Jawa Timur. Untuk mencapai puncak gunung bromo di ketinggian 2392mdpl, wisatawan dapat memilih beberapa rute perjalanan/jalur yang bisa dilewati, sebagai berikut :
Jalur Perjalanan Gunung Bromo :
• Jalur dari kabupaten Lumajang
• Jalr dari malang
• Jalur dari pasuruan
• Jalur dari probolinggo
Selain itu adapun kegiatan yang bisa dilakukan di tempat wisata ini yaitu :
1. View Point
2. Kawah Gunung Bromo
3. Padang Savana (Bukit Teletubbies)
4. Lautan Pasir (Pasir Berbisik)

Pencarian lain :

  • tempat dan kegiatan yang bisa dilakukan di gunung bromo ini adalah sebagai berikut