Solo adalah salah satu kota besar yang mempunyai banyak tempat wisata alam sebagai alasan bagi anda untuk refreshing menikmati keindahannya. Di kota Solo selain ke elokan pemandangannya, si pengunjung juga akan merasa senang ketika merasakan kesejukan udaranya yang masih alami. Beberapa tempat wisata yang harus anda kunjungi karena keindahan alam yang wah ketika berada di kota Solo, diantaranya sebagai berikut :
 Air Terjun Segara Gunung
Objek wisata air terjun segara gunung ini terletak di daerah Karanganyar, Desa Segara gunung, Kecamatan Ngargoyoso, dimana air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 20meter. Di tempat ini pengunjung dapat merasakan begitu indah pemandangan yang ditambah hijaunya suasana alam dengan air terjun yang sangat jernih di sekitar gunung Lawu. Selain itu, ada juga batu yang tersusun dengan rapi sehingga dapat melukiskan keindahan alam yang sebenarnya. Langit dengan warna yang biru kehijauan dapat kita lihat ketika berada di bawah air terjun segara gunung ini.
Selain di jadikan sebagai tempat wisata, air terjun segara gunung ini biasanya digunakan untuk lokasi perkemahan bagi siswa yang mengikuti kegiatan pramuka. Selain pramuka, organisasi pecinta alam juga sering menggunakan objek ini sebagai tempat wisata karena tempat yang terbuka setiap harinya mulai dari pagi sampai sore hari.
 Argowisata Lembah Hijau Jaten
Tidak hanya rumput berwarna hiju yang tumbuh di arggowisata lembah hijau ini, tetapi beberapa macam fasilitas juga tersedia di tempat ini sebagai penghilang rasa jenuh. Tidak hanya berwisata, tetapi di tempat ini si pengujung bisa belajar menanam beberapa macam jenis tumbuhan sekaligus dengan cara perawatannya. Selain bercocok tanam, di tempat ini juga tersedia peternakan sapi, sehingga bagi pengunjung siapa saja dapat belajar cara memeras susu sapi perah ini.
Selain peternakan dan pertanian si pengunjung juga dapat menikmati berbagai makanan di kafetaria yang sudah tersedia di tempat wisata ini. Dengan tiket Rp 3.000 saja pengunjung bisa menikmati alam dari pagi sampai sore hari di argowisata lembah hijau jaten ini.
 Taman Air Tlatar
Dibangun sekitar tahun 1997-an, taman air tlatar ini terletak di Boyolali yang tidak kalah idahnya dengan tempat wisata yang lainnya. Berbagai macam kegiatan yang dapat dilakukan oleh si pengunjung, mulai dari berenang, berkemah, menjelajah alam, serta masih banyak yang lainnya. Selain di jadikan sebagai objek wisata, di tempat ini juga bisa belajar untuk menanam padi, sehingga meskipun usia masih muda sudah mengetahui proses penanaman padi.
 Waduk Gajah Mungkur
Waduk yang terkenal waduk serbaguna ini berada di Kabupaten Wonogiri, biasanya digunakan oleh masyarakat untuk mengairi sawah, sebagai PLTA, dan tentunyta digunakan sebagai tempat wisata. Pemandangan disekitar waduk ini tidak kalah indah dengan tempat wisata yang lain, salah satunya yaitu bebatuan yang terdapat disekitar waduk bisa digunakan sebagai backgroun foto.
 Air Terjun Jumog
Tidak jauh beda dengan Argowisata lembah hijau jaten, air terjun jumog ini juga berada di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar. Selain letaknya yang sama, biaya untuk masukpun sama tetapi ada tambahan untuk bayar parkir Rp 1.000 bagi kendaraan roda dua. Pemandangan alam yang indah dengan suasana segar dan hijau, di iringi burung berkicau dengan suara merdu membuat hati tenang ketika berada di tempat ini. Selain itu, seringkali pengunjung bisa melihat pelangi yang muncul di sekitar air terjun jumog ini.
Para wisatawan sering menyebut tempat ini dengan sebutan “ Surga yang hilang ” karena keindahan yang membuat si pengunjung nyaman.