Taman laut bunaken merupakan salah satu tempat wisata khas manado yang ditetapkan oleh UNESCO pada tahun 2005 sebagai warisan dunia. Beragam macam kekayaan yang terdapat di laut bunaken ini contohnya seperti terumbu karang, rumput laut maupun beberapa spesias ikan lainnya. Secara geografis taman laut bunaken ini terletak di kawasan yang berada di Kelurahan Bunaken, Kecamatan Bunaken, Kota Manado, Sulawesi Utara. Beberapa anak pulau serta pulau lainnya seperti pulau naen, pulau bunaken, pulau manado tua, pulau siladen dan pulau mantehage termasuk bagian dari taman nasional ini. Taman laut nasional bunaken berada di segitiga emas terumbu karang terbesar di dunia sehingga mempunyai berbagai macam kehidupan di bawah lautnya. Banyak sekali wisatawan luar negri maupun wisatawan dalam negri yang berminat mengunjungi objek wisata ini karena ingin menikmati keindahan alamnya.

Untuk sekarang tidak asing mendengar taman nasional yang satu ini, karena namanya banyak dipakai dalam industri pariwisata mulai dari Hotel, Festival, serta Rumah makan bunaken. Bunaken merupakan taman laut tertinggi di dunia karena memiliki biodiversitas kelautan dan hutan bakau serta pasir putih yang berada di sekitar taman laut bunaken ini. Didalamnya terdapat terumbu karang yang bersifat keras dan lembut dengan dinding karang yang terjal dihiasi oleh bentuk warna dari biota lautnya. Ikan hiu, marlin, tuna, kakap, kerapu, barakuda, mandarin fish, kuda laut, ikan pari, gurita, serta ikan purba raja laut ( coelacanth ) yang paling terkenal dari yang lainnya. Anda bisa berkunjung kapan saja agar bisa menyelami taman lalut bunaken ini karena tidak ada yang namanya masa off seasons. Tetapi tidak sembarang waktu untuk anda mnyelamnya, di anjurkan bagi para pengujung untuk menyelam pada bulan mei sampai bulan agustus. Alasannya karena pada bulan – bulan itulah air laut dalam keadaan hangat dan jernih. Selain itu ada beberapa habitat yang terdapat di taman laut ini, diantaranya yaitu sebagai berikut :

https://meridiantravelandtour.wordpress.com

Habitat Taman Laut Bunaken :
• Habitat Terumbu Karang
Tebing karang vertikal dengan ukuran kurang lebih sekitar 20 – 25 meter, merupakan bagian yang paling menarik karena dihuni oleh berbagai jenis binatang karang di dalamnya.
• Habitat Hutan Bakau
Luasan hutan bakau yang terdapat di pantai taman laut bunaken ini berfungsi sebagai penyaring endapan lumpur daratan dengan tujuan agar mencegah erosi di garis pantai. Adapun berbagai macam jenis kekayaan alam di sekitar hutan bakau ini, diantaranya yaitu kepiting, udang, moluska, dan banyak yang lainnya.
• Habitat Pasir
Taman laut bunaken ini memiliki pantai pasir putih yang indah sehingga kerap terdapat berbegai jenis umang di dalamnya.
Taman nasional bunaken ini adalah taman laut yang pertama di indonesia, karena letaknya di segitiga terumbu karang dengan 97% habitatnya laut dan 3%nya adalah daratan.
Slot penyelaman yang terdapat di taman laut bunaken ini memiliki beberapa lokasi dengan bentuk bervariasi yang bisa dilihat pada lokasi lekuan 1, 2, 3, fukui, mandolin, tanjung, parigi, ron’s point, pangalisang, muka kampung, serta bunaken timur dengan bermacam jenis ikan tropis dan terumbu karang yang terdapat di dalamnya. Kawasan taman laut bunaken ini diresmikan sekitar tahun 1991, menawarkan keindahan seperti underwater great walls ( dinding karang raksasa ) yang dibuat melengkung ke atas. Selain itu anda bisa mendapatkan foto spektakuler yang berbeda dengan yang lainnya jika anda berkunjug ke taman nasional yang satu ini.

Pencarian lain :

  • keunikan bunaken
  • 2 keunikan pulau bunaken
  • Taman laut bunaken adalah tempat wisata terkenal di daerah
  • sebutkan kekuatan apa yang ada di tempat wisata taman laut bunaken
  • sebutkan dan jelaskan keunikan objek wisata yang ada dipacitan
  • keunikan taman laut bunaken
  • keunikan dari pulau bunaken di provinsi sulawesi utara
  • keunikan dari pantai bunaken
  • ditetapkan dunia taman laut bunaken
  • apa saja atraksi di bunaken
  • wisata taman bunaken