Biasanya pada pertengahan tahun, tepatnya pada libur akhir sekolah pada bulan juni orang tua dan anaknya akan memiliki libur panjang, untuk menghabiskan liburan panjang tersebut biasanya mereka akan menghabiskan waktu bersama. Apalagi untuk orangtua yang full bekerja seharian di kantor, mereka akan memanfaatkan sekali waktu-waktu seperti ini. Dan kebanyakan orang merasa mereka harus memanfaatkan dan menghabiskan waktu seperti ini, dan kebanyakan dari mereka juga akan berfikir bahwa mereka harus menghabiskan uang yang banyak untuk berlibur mereka, tetapi tidak selamanya berfikiran seperti itu benar, ternyata kita juga bisa liburan hemat dan menyenamgkan.

Liburan yang menyenangkan serta mengasyikan tidak perlu ke luar negeri dan tidak usah mengeluatkan budget yang begitu besar. Di Indonesia sendiri terdapat banyak sekali lokasi untuk berlibur dan sangan banyak sekali tempat-tempat indah di Indonesia yang pastinya akan membuat liburan anda menyenangkan tanpa budget yang begitu banyak, jika anda ingin liburan hemat dan menyenangkan baca tips berikut ini :

1. Lakukan Survei Lokasi Liburan

liburan hemat dan menyenangkan

source image by : https://www.cermati.com

Sebelum anda akan berlibur tentunya anda harus memastikan terlebih dahulu tempat tujuan anda. Untuk memastikan tempat yang akan anda kunjungi menarik dan anda tidak akan kecewa setelah sampai disana cobalah untuk membaca-baca terlebih dahulu info tentang tempatitu seperti dari sumber internet, buku pariwisata, maupun brosur agen travel

Dengan melakukan survey tersebut kamu juga dapat menghitung budget yang harus kamu keluarkan untuk berlibur ke tempat wisata dan kamu juga dapat mengetahui jika ada promosi atau diskon sehingga kamu dapat liburan hemat dan menyenangkan.

2. Lakukan Pemesanan dari Jauh Hari

liburan hemat dan menyenangkan

source image by : https://plus.google.com

Setelah menemmukan tempat tujuan anda, langkah yang hrus anda lakukan adalah memesan tiket trasportasi, tempat penginapan dan bahkan tempat wisata. Mengapa melakukan pemesanan dari jauh hari? Karena jika pemesanan dilakukan dari jauh-jauh hari sebelum hari H anda akan mendapatkan harga special atau anda akan mendapat penawaran menarik lainnya selama berlibur.

3. Usahakan Pergi Bukan di Musim Liburan

liburan hemat dan menyenangkan

source image by : https://www.cermati.com

Mengapa harus di luar musim liburan? Karena biasanya pada musim liburan tempat wisata akan menaikkan harga pembayaran di tempat wisata itu. Oleh karena itu sangat di anjurkan bagi kamu berlibur sebelum atau sesudah musim libur selain dapat menghemat bepergian sebelum atau sesudah berlibur dapat membuat anda leluasa dalam bepergian karena biasanya lebih sepi dan anda bisa lebih menikmati liburan anda

4. Utamakan Kenyamanan daripada Kemewahan

liburan hemat dan menyenangkan

source image by : http://www.imgrum.org

Untuk menghemat liburan anda sebaiknya anda tidak memikirkan liburan mewah, namun jangan juga kamu terlalu berhemat dan liburan anda menjadi tidak nyaman. Utaman kenyamanan anda baik itu ndalam pemilihan transport, tempat tinggal ataupun dalam memilih pemandu liburan anda. Dengan kenyamanan pasti liburan anda akan terasa lebih menyenangkan walaupun bukan dengan kemewahan tetapi anda bisa berhemat.

5. Bawa Uang Tunai

liburan hemat dan menyenangkan

source image by : https://blog.hulaa.com

Mengapa harus membawa uang tunai? Ya tentunya karena anda akan berlibur bukan untuk berfoya-foya, dengan kamu membawa uang tunai kamu akan lebih bisa menghemat pengeluaran anda selama liburan tersebut dan anda bisa langsung melihat serta menghitung berapa banyak uang yang anda pakai maupun uang yang tersisa. Sehingga anda dapat berfikir terlebih dahulu sebelum membeli atau mengeluarkan uang anda. Jika anda takut uang yang anda bawa hilang atau kemalingan bawalah uang secukupnya tetapi tetap membawa kartu kredit anda, ini akan membantu kamu saat memerlukan uang mendadak.

6. Catatlah Pengeluaran Selama Liburan

liburan hemat dan menyenangkan

source image by : http://www.selipan.com

Mengapa harus dicatat? Hal ini dikarenakan akan membantu anda dalam menghitung pengeluaran anda dan mengatur serta mengetahui kemana saja uang anda mengalir. Dengan demikian kemungkinan kecil untuk anda boros dan berfoyo-foya

7. Berbelanja!

liburan hemat dan menyenangkan

source image by : https://www.cermati.com

Hal ini menjadi salah satu pokok yang harus anda fikirkan karena anda seringkali menjadi pengeluaran terbesar saat liburan. Karena saat bepergian ke tempat berlibur anda pasti akan membelikan oleh-oleh untuk yang di rumah sebagai buah tangan dari anda. Jika anda ingin liburan hemat dan menyenanggkan jangan jadikan ini sebagai prioritas di liburan anda.
Sekian tips liburan hemat dan menyenangkan, semoga bermanfaat !

Pencarian lain :

  • kemana kamu ingin pergi berlibur? apakah Anda ingin pergi ke tempat yang menarik atau tinggal di rumah? Jika Anda menghabiskan liburan jauh dari rumah ke mana Anda ingin pergi? Jika Anda tinggal di rumah apa yang akan Anda lakukan?