Jawa Tengah merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di Pulau Jawa, atau diantara Jawa Barat dan Jawa Timur. Jawa tengah ini sebagai salah satu Provinsi yang memiliki banyak kekayaan alam serta tempat wisata menarik. Kerap kali Jawa Tengah menawarkan wisata yang sangat menggiurkan seperti :

  1. Menikmati Candi Dari Bukit Yang Sunyi Bernama Puthuk Setumbu

Wisata jawa tengah source image by : (https://sudardjattanusukma.wordpress.com)

Wisata jawa tengah ini sangat cocok untuk menyambut pagi anda dengan hening nya dan segar dari puncak Bukit Puthuk Setumbu. Dari sini kamu dapat melihat kabut yang menyelimuti Candi Borobudur. Untuk mencapai puncaknya kamu harus melewati trak sekitar 15 sampai 30 menit

Bukit Puthuk Setumbu ini terletak di Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Dari jarak sekitar 44 km dari Yogyakarta Puthuk Setumbu dapat ditempuh antara 1 – 1,5 jam dengan menggunakan kendaraan. Untuk mencapainya kamu hanya cukup melewati rute dari depan Taman Wisata Candi Borobudur, paculah kendaraanmu menuju Hotel Manohara, kemudian lurus terus ke arah Perbukitan Menone, ikuti petunjuk arah tersebut dan berkendara sekitar 10 menit, maka kamu akan tiba di kawasan parkir Punthuk Setumbu.

  1. Indahnya Goa Rong yang dapat memudarkan pening

Wisata jawa tengah source image by : (http://kesiniaja.com)

Goa rong ini juga termasuk salah satu wisata jawa tengah yang dapat menenangkan pikiran kamu, lokasinya dari arah semarang hanya beberapa meter dari jembatan tuntang, jika kamu kesana ada baiknya kamu menggunakan kendaraan pribadi supaya mempermudah perjalanan.

Disinin akan terasa sangat nyaman sekali dan penat kamu pun akan perlahan memudar. Dari arah barat kamu akan di suguhkan pemandangan rawa pening yang ljuar biasa serta balutan cahaya sore yang memerah serta bentangan daratan yang dipenuhi pepohonan serta bukit yang indah

  1. Bermain Air dicurug Cipendok.

Wisata jawa tengah source image by : (http://kesiniaja.com)

Di purwokerto ternyata masih banyak lagi wisata jawa tengah yang sangat menggoda selain Baturraden. Purwokerto juga memiliki banyak air terjun, salah satunya Curug cipendok ini. Lokasi Curug Cipendok Cipendok berjarak sekitar 20-25km dari Purwokerto, bisa di tempuh sekitar 30 menit, bisa lebih cepat atau lebih lama tergantung keramaian jalan. Paling gampang adalah melalui rute pertigaan Losari yang berada di jalur utama Purwokerto – Ajibarang yang juga merupakan jalur ke pantura Purwokerto – Jakarta. Untuk harga tiketnya saat ini Rp. 9.000 per orang.

  1. Melihat Indahnya Savana di Bukit Pangonan .

Wisata jawa tengah source image by : (http://kesiniaja.com)

Dieng adalah bukit terfavorit dan tidak begitu tinggi untuk mendakinya. Bagi kamu yang ingin mendaki tetapi hanya memiliki waktu terbatas dan khawatir tenagannya akan terkuras, bukit pangonan bisa menjadi solusi wisata jawa tengah kamu tanpa harus menghilangkan keasyikan saat menjelajahi alam khas pegunungan Dieng. Keberadaan lembah luas yang berada di bukit pangonan yang membentuk cekungan bekas danau yang mengering kemudian ditumbuhi ilalang membentuk padang savana yang hijau segar menyenangkan bila dipandang mata,menjadi objek yang menarik dan banyak di kunjungi wisatawan.

  1. Wisata Rasa Luar Negeri Di Wisata Alam Brown Canyon.

Wisata jawa tengah source image by : (http://kesiniaja.com)

Brown Canyon artinya tebing-tebing seperti di Grand Canyon yang berwarna coklat padas. Tempat ini terletak di daerah Rowosari Meteseh Tembalang Semarang, tempat ini lumayan jauh dari pusat keramaian Semarang. Sebutan nama Brown Canyon di Semarang sangat popular bagi para pengujung, sedangkan masyarakat setempat lebih familiar dengan nama “Pedas Keruk” (bekas bukit yang dikeruk yang menyisakan tanah padas). Brown Canyon tadinya merupakan sebuah perbukitan yang sudah lebih dari 10 tahun dilakukan kegiatan pengerukan tanah urug dengan panggilan padas atau pasir, . Jadi, tempat tersebut merupakan tempat sebagai proyek galian C. Karena tadinya setiap hari dalam sekian tahun dilakukan pengerukan dan pengambilan material, maka terbentuklah tekstur tebing yang unik yang mirip dengan “GRAND CANYON”.

  1. Menelusuri Cantiknya Pantai Menganti, Kebumen

Wisata jawa tengah source image by : (http://kesiniaja.com)

Menganti memiliki lokasi yang hampir sama dengan Selandia Baru yang di jadikan syuting film “The Hobbit” dan keindahannya tak kalah indah dengan New Zeland. Tidak banyak orang yang mengetahui tentang pantai Menganti ini, bahkan penduduk sekitar pun jarang yang yang mengetahuinya padahal pantai Menganti adalah salah satu pantai pasir putih yang cantik tersembunyi.

Pantai Menganti menyimpan keindahan laut sekaligus pegunungan yang menakjubkan. Pantai ini tidak hanya memiliki satu pemandangan saja, pada salah satu sisinya dipisahkan oleh perbukitan yang menggoda. Pantai Menganti adalah pantai yang memiliki pasir putih dan kamu juga bisa menikmati makanan seafood yang disediakan di warung sekitar. Jika kamu menginginkan pemandangan yang indah kamu bisa sewa mobil bak untuk pergi ke bukit

  1. Telaga Sunyi Purwokerto Yang Dapat Menenangkan jiwamu

Wisata jawa tengah source image by : (http://kesiniaja.com)

Telaga sunti ini memiliki lokasi yang tersembunyi dan letaknya cukup jauh dari keramaian tempat wisata jawa tengah Baturraden. Tempat ini biasanya dikunjungi oleh mereka yang ingin bermeditasi atau sekedar melepas penat dan mencari ketenangan. Kejernihan airnya yang memberikan effect telaga terlihat dangkal padahal memiliki ketinggian sekitar 3 sampai 5 meter, tergantung pada cuacanya. Tempat ini masih terkenal dengan mistisnya, jika kamu berbicara kotor maka makhluk ghaib di sekitar tidak sungkan untuk mengganggumu, konon katanya tempat ini menjadi tempat pembuangan kepala manusia yang di mutilasi.

  1. Menikmati Keindahan Air Terjun Tadah Hujan

Wisata jawa tengah source image by : (http://kesiniaja.com)

Air Terjun Tadah Hujan terletak di kabupaten Pati yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Grobogan dan terdapat Gunung Kendeng yang berupa pegunungan kapur. Air Terjun ini memiliki ketinggian sekitar 75 meter. Tempat wisata jawa tengah ini belum banyak yang mengunjungi dikarenakan akses jalan yang beggitu bagus. Jika kamu menyukai suasana yang sunyi dengan pemandangan yang elok kamu dapat berpetualang ke Air Terjun Tadah Hujan ini.