Teras Cihampelas merupakan salah satu tempat wisata yang baru saja diresmikan oleh Pemerintah Kota Bandung tepatnya pada tanggal 4 Februari 2017 lalu. Dengan adanya “Bandung Skywalk” ini diharapkan dapat mengundang wisatawan untuk berwisata di kawasan sentra jins tersebut.

Jembatan pedestrian di atas udara atau skywalk itu diharapkan menjadi magnet bagi para witawan yang hendak berwisata di Bandung, khususnya di kawasan sentra jins tersebut.

Teras Cihampelas merupakan sebuah jembatan pedestrian yang dibangun di atas jalan raya. Pembangunan Objek Wisata ini menghabiskan dana yang cukup banyak sekitar Rp 45 miliar, ini juga yg  menjadi magnet tersendiri bagi setiap pelancong yang pergi kesana. Kapasitas yang mampu ditampung Teras Cihampelas hingga mencapai 3.000 orang dan dapat pula menampung pedagang kaki lima (PKL) yang awalnya berjualan di pinggir-pinggir jalan Cihampelas Kota Bandung.

Objek wisata Bandung Skywalk itu sudah diresmikan oleh Wali Kota Bandung Bapak Ridwan Kamil. Hingga saat ini Teras Cihampelas menjadi satu-satunya jembatan khusus pejalan kaki yang ada di Indonesia, bahkan Skywall Cihampelas ini merupakan yang kedua di dunia setelah yang ada di Kota New York. Merelokasi pedestrian ke atas jalan adalah kreasi dalam pembangunan kota di tengah semakin melonjaknya harga lahan.

Daya tarik Teras Cihampelas adalah pengunjung dapat berjalan kaki sehingga lebih dekat dengan alam Kota Bandung bersama hawa sejuknya. Wisatawan bisa menikmati  Pohon-pohon rindang yang berbaris di Bandung Skywalk ini, hal ini tentu akan menambah suasana alami di tengah sibuknya aktivitas di daerah perkotaan.

Bandung Skywalk

Foto : @infobdg

Skywalk Cihampelas memiliki panjang mencapai 450 meter dengan lebar sekitar 9 meter, sedangkan tinggi jembatan mencapai 4,6 meter dari jalan yang ada di bawahnya. Lama pengerjaan proyek ini cukup singkat hanya berlangsung selama 3 bulan dan kini sudah dapat dioperasikan.
Keberadaan Skywall Bandung tak hanya sekedar menciptakan objek wisata baru yang dapat menarik perhatian wisatawan. Disamping itu juga guna pembangunan dan tata Kota dimana tempat ini juga dapat menjadi lokasi berjualan pedagang kaki lima, sehingga yang awalnya serawutan di pinggir-pinggir jalan kini dapat tertata rapi di Teras Cihampelas.

Hingga saat ini sudah ada sekitar 192 pedagang telah beroperas di Bandung Skywalk ini dengan menempati kios-kios yang sudah disediakan dan dengan desain warna warni. Adapun PKL tersebut menjual berbagai barang dagangan, mulai dari kuliner, aksesoris bahkan banyak juga yang menjual oleh-oleh khas Bandung.

Teras Cihampelas Bandung

Foto : kumparan.com

Teras Cihampelas sangat direkomendasikan khususnya bagi wisatawan dari luar daerah Bandung, disana pengunjung dapat bersantai dengan menikmati jajanan atau kuliner khas Bandung, selain itu pengunjung juga dapat membawa buah tangan dari sini dengan harga yang murah.

selain itu Skywall di Bandung ini juga ramah penyandang disabilitas. Kaum disabilitas masih dapat mengakses Teras Cihampelas dengan adanya lift disana.

Buat kamu yang tertarik bisa datang langsung, lokasi Teras Cihampelas ini terletak Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat tepatnya di Jl. Cihampelas No.144, Tamansari. Bagi kamu yang kebetulan sedang berkunjung ke Bandung belum lengkap rasanya kalau tidak berkunjung ke Skywall ini.

Pencarian lain :

  • Skywalk Cihampelas Kota Bandung Jawa Barat