Siapa yang menyangka dalam satu wilayah terdapat 7 air terjun (dalam bahasa jawa = curug) bahkan mungkin lebih di Kabupaten Batang, yang terletak di Jawa Tengah memang jarang di dengar oleh banyak orang. Sebagian besar orang baru bisa paham setelah menyebutkan kota Pekalongan yang persis tetanggaan dengan Kabupaten Batang. Padahal, alas roban yang terletak di jalur Pantura, merupakan bagian dari wilayah Batang.

Wilayah Kabupaten Batang terdiri dari perbukitan dan pegunungan, sehingga banyak ditemukan curug atau air terjun disertai keindahan lingkungannya. Wilayah Batang di sebelah barat berbatasan dengan kabupaten Pekalongan, di sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Kendal, di sebelah selatan berbatasan dengan wilayah Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo.

7 Air Terjun Destinasi Wisata

1. Curug Genting yang tak pernah genting

Sewaktu jaman SMP di sekitar tahun 1992, penulis melakukan perjalanan kemah bersama beberapa teman sekolah di jalur bawah air terjun Curug Genting. Curug Genting ini menjadi destinasi wisata favorit bagi warga Batang hingga tahun 2009 yang kemudian mulai tertutup, hingga ada yang mengatakan Curug Genting ini terasing.

Keindahan Curug Genting tetap terjaga hingga sekarang meskipun pengelolaannya sudah berhenti. Dikabarkan kalau pemerintah daerah Kabupaten Batang mengedarkan surat peringatan bahaya karena kondisi tanah yang tidak stabil dan rawan longsor. Curug Genting terletak di Desa Bawang Kecamatan Blado.

Curug Genting Wisata di Batang

Foto: viva.co.id

2. Kolam Curug Agung bukti Tuhan maha Agung

Air terjun ini memiliki pesona keindahan yang luar biasa, tidak hanya karena gemericik jatuhnya air yang terjun ke bawah namun juga terletak pada dinding tebing yang mengandung bebatuan stalagnit sehingga membentuk struktur yang unik.

Curug yang terletak di dukuh Pegedigan Desa Pasusukan, Kecamatan Bawang ini bisa menjadi alternatif melepas penat dan menghilangkan kelelahan batin menghadapi kerasnya dunia.

Curug Agung Batang

Foto: Travelingyuk.com

3. Curug Lojahan yang jauh

Bagi kamu yang mau menjelajahi keindahan Curug Lojahan di kabupaten Batang ini harus punya fisik yang prima, karena berada tersembunyi di lokasi yang sulit dijangkau. Namun akan dibayar dengan keindahan tersendiri, akan ditemukan sebuah Air terjun dengan ketinggian sekitar lebih dari 40 meter.

Nama Lojahan diambil dari nama sungai yang menjadi pemasok air di curug ini. Di antara terjunan air terdapat dinding batu yang berbentuk cekung seperti gua yang menjadi rumah dari codot dan kelelawar. Curug Lojahan berada di dalam belantara alas Kluwung di desa Kali Tengah, kecamatan Blado.

Curug Lojahan Wisata Batang

Foto: travelingyuk

4. Curug Bidadari, tempat Bidadari mandi

Konon, Curug ini merupakan tempat untuk mandinya para bidadari dari kahyangan pada jaman dahulu, sehingga dinamakan Curug Bidadari. Curug yang berada di desa Silurah, Kecamatan Wonotunggal ini menjadi lokasi favorit anak-anak muda untuk berlibur di hari sabtu dan minggu.

Air terjun dengan kolam yang jernih ini menjadi salah satu tujuan wisata yang disukai anak muda. Kolam ini dikepung oleh dinding batu besar yang seperti tirai makin mempercantik alam sekitar. Rasakan keindahannya dengan berkujung kesini.

7 air terjun destinasi wisata di Batang

Foto:muhnailulhuda.blogspot.co.id

5. Curug Sodong di Wonotunggal

Desa Sodong di kecamatan Wonotunggal, Batang memang cukup terkenal sebagai destinasi wisata. Desa ini menawarkan jenis Agrowisata Salak Sodong disamping terkenal juga sebagai penghasil panili dan cengkeh. Tapi jauh di dalam wilayahnya tersembunyi sebuah air terjun cantik bernama Curug Sodong.

Air terjun di ketinggian 800 mdpl ini memiliki debit air yang cukup deras. Suasana di sekitar air terjun masih sangat alami dan asri.

Curug Sodong Wisata Batang

6. Curug Si Pitung, di kaki gunung Prau

Curug ke 6 dari 7 air terjun destinasi wisata di Batang adalah Curug Si Pitung. Menurut mitos, Curug Si Pitung ini bisa membuat kulit tetap terlihat awet muda. Sehingga tidak mengherankan bila banyak pengunjung yang memastikan diri untuk merasakan air dari Curug Si Pitung ini.

Curug Si Pitung terletak di kaki Gunung Prau, di Dukuh Mulyodadi, Desa Jambangan, Kecamatan Bawang. Membutuhkan ketahanan tersendiri untuk menemukan Curug ini, karena harus dilakukan dengan perjalanan yang lumayan berat, namun bila disertai hati yang niat, maka semuanya akan mudah.

Curung Si Pitung Batang

Foto: mbatang.com

7. Curug Sijeglong, air terjun 4 tingkatan

Lokasi wisata ini terletak di perbatasan antara kabupaten Kendal dengan Batang. Melalui desa Margosono, kecamatan Tersono kamu akan berjumpa dengan air terjun yang unik bernama Curug Sijeglong. Jeglong dalam bahasa setempat artinya cerukan, lubang atau kedung yang berisi air.

Kamu bisa melihatnya dari bentuk air terjun ini. Curug Sijeglong berbeda dari air terjun kebanyakan, airnya seperti mengalir dari atas bukit yang miring. Kemiringan bukit ini terbagi menjadi empat tingkat dimana masing-masing tingkat memiliki kedung.

Curug Sijeglong Wisata Batang

Foto: bloadiensadventure.blogspot.com

Sumber: travelingyuk.com dan sumbangan dari pengalaman penulis sebagai putra asli Batang.

Sumbangan: Kika Syafii

Pencarian lain :

  • macam macam curug di batang
  • wisata air terjun di batang yg tdk trrkenal
  • wisata desa baturan kecamatan bawang kabupaten batang
  • wisatabatang